Home » Kolom Lepas » Think Time

Think Time

bgOleh: Berny Gomulya*

Beberapa waktu lalu saya bertemu dengan seorang CEO di Singapura. Saya berkesempatan berdiskusi dengannya. Salah satu pertanyaan saya adalah rahasia di balik kesuksesannya. Dia tersenyum sambil berkata, “I make the time to think.” Setiap hari, selesai doa pagi, dia menghabiskan waktu sekitar 30 menit dengan mata tertutup melakukan refleksi. Dia tidak bermeditasi. Dia juga tidak melamun. Dia berpikir.

Terkadang dia menganalisis kondisi dunia bisnis. Lain waktu, dia berpikir tentang produk dan pasar baru. Waktu lainnya, dia melakukan refleksi diri tentang apa arti hidup dan apa yang diinginkannya dalam hidup ini. Lain kali, dia membayangkan cara-cara baru untuk membuat bisnisnya berkembang. Pada kesempatan lain, dia merenungkan bagaimana agar pribadinya bertumbuh lebih baik lagi. Terkadang dia menghabiskan waktu beberapa jam melakukan hal ini. Duduk diam. Mata tertutup. Berpikir.

Menyempatkan waktu untuk berpikir adalah sebuah strategi untuk sukses dalam hidup. Kebanyakan orang menghabiskan waktu terbaiknya setiap hari untuk terus-menerus melakukan sesuatu. Mereka hanya fokus pada aspek melakukan. Beberapa teman melewati hari-hari mereka dengan sangat sibuk. Jadwal mereka sangat padat. Busy, busy, and busy…. Seorang klien pernah berkata kepada saya, ”Pak Berny, sometimes I get so busy that I don’t even know why I am so busy.”

Bagaimana jika seandainya ternyata klien saya itu sibuk untuk hal-hal yang salah? Bukankah dia sedang membuang waktu, tenaga, dan semua sumber daya hanya untuk mendaki puncak gunung yang ketika dia sampai di puncak gunung itu, dia baru sadar bahwa itu adalah gunung yang salah?

Tidak ada hal yang lebih tidak berguna selain melakukan sesuatu dengan sangat efisien, namun seharusnya Anda tidak melakukannya sama sekali. Berpikir dan melakukan refleksi setiap hari memastikan Anda sedang mendaki gunung yang benar.

Menjadi bijaksana adalah langkah awal untuk Anda menuju kejayaan. Kejernihan pikiran mendahului kesuksesan. Dengan berpikir, Anda akan mengetahui prioritas-prioritas dan panggilan hidup Anda. Hidup jadi lebih terfokus. Keputusan-keputusan Anda menjadi lebih baik. Anda menjadi makin jelas dalam penggunaan waktu terbaik Anda. Dan ”Think Time” Anda akan memunculkan ide-ide luar biasa dan menginspirasi Anda untuk mewujudkan mimpi-mimpi besar Anda.

Have a great day, my friends! Thank you. Cheers.[bg]

* Berny Gomulya adalah seorang trainer, konsultan, auditor, penulis, dan pembicara seminar dalam bidang leadership, strategy, dan operations. Sarjana elektro dan pemegang gelar magister manajemen dari Universitas Indonesia ini pernah menjabat sebagai country director untuk Indonesia di sebuah perusahaan Singapura. Berny adalah penulis buku The Leader in You! (Gramedia, 2009) dan dapat dihubungi telepon 0818-0800-7750 atau melalui pos-el: bernygomulya[at]yahoo[dot]com.

VN:F [1.6.9_936]
Rating: 8.5/10 (2 votes cast)
VN:F [1.6.9_936]
Rating: 0 (from 0 votes)

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

Komentar