Silaturahmi: Cara Gampang Memperoleh Modal

ggOleh: Gagan Gartika*

Orang memberikan modal karena kepercayaan, sementara kepercayaan meningkat karena seringnya kita bersilaturahmi.

~ Gagan Gartika

Pak Anas bekerja pada perusahaan truk. Orangnya rajin bergaul sehingga banyak berkenalan dengan orang yang akan mengirimkan barang dari pelabuhan ke pabrik. Maklum, daerah pelabuhan adalah tempat perputaran bisnis di bidang bongkar muat, transportasi, pengurusan dokumen barang, pengiriman barang untuk keluar negeri, atau yang datang dari luar. Sehingga, kegiatan di sana sibuk sekali, karena 80 persen kegiatan ekspor impor terpusat di Pelabuhan Tanjung Priok.

Karena banyaknya kenalan, Pak Anas pun banyak mengetahui tentang bagaimana cara mendapatkan order muatan, cara pengadaan truk, cara pengurusan dokumen pelabuhan, dan seluk beluk supir. Ketika truk perusahaan tempat ia kerja tak memadai, kelimpungan order, ia lemparkan ke perusahaan lain sebagai rekanan sehingga tak ada order muatan yang tak tertangani. Semua pelanggan puas, akhirnya muatan berikutnya terus-menerus dipercayakan melalui perantaraannya.

Berkat tekad untuk maju, selain memperluas pergaulan ia pun sering menyisihkan hasil usahanya dengan menabung ke bank tak jauh dari tempat kerja. Lama kelamaan tabungannya menjadi besar. Ia berpikir, daripada order dilempar keperusahaan lain, mendingan ditangani sendiri karena dalam bisnis truk sebetulnya hanya perlu menyiapkan uang muka dalam pengadaan truk dan selanjutnya cicilan dari muatan berjalan. Akhirnya, Pak Anas membeli truk dari temannya yang kebetulan mau dijual.

Seiring waktu berjalan, tabungannya meningkat pula, order muatan terus berdatangan. Bank tempat menabung mengetahui pergerakan anak muda ini. Karena kepercayaannya bank berani memberikan pinjaman modal untuk meningkatan usaha melalui pemberian uang muka truk. Kini truk yang diusahakan sudah mencapai 25 truk, suatu prestasi yang luar biasa karena tadinya tidak memiliki truk. Ini berkat ketekunan bergaul dan menumbuhkan kepercayaan pada pemberi order muatan serta perbankan. Itu semua menjadikannya seorang yang sukses.

Model seperti Pak Anas ini bisa kita temui di mana-mana, di lingkungan sekitar kita, yang membuktikan bahwa semakin luas pergaulan, semakin luas relasi, semakin kita akan mendapatkan kesempatan untuk maju. Dan, permodalan bukan sesuatu yang susah sekali kita dapat, tetapi dengan jalan kepercayaan, semua bisa berjalan dengan lancar.

Di sinilah kekuatan bersilaturahmi bisa menunjukan perannya. Pantesan, kalau ingat orang tua dulu sering memberikan nasihat, “Jangan sampai putus sama saudara atau putus sama teman lama. Karena ternyata, silaturahmi akan mendatangkan sesuatu rezeki yang kadang tidak terduga serta memberikan modal kepercayaan bagi orang lain.

Anda sendiri bisa mencoba mendapatkan modal dengan cara itu. Yang penting sebelum melakukan pinjaman kita perlu menguji dulu diri sendiri. Sehingga, ketika pemilik modal mengujinya, tak aneh lagi kita akan lulus dan mendapatkan kepercayaan.

Cara mengujinya, yaitu kita harus sanggup menyisihkan penghasilan kita dengan jalan menabung agar memudahkan pencatatan dan pengukuran perputaran uang. Meskipun sedikit, tabungan itu lama-lama akan bertambah. Nah, dari sana kita akan mengetahui berapa uang yang bisa mengendap. Uang itu dapat diputar lagi, dan perputaran itu lama-lama akan semakin besar.

Tingkat perputaran, yang semakin tinggi dan selalu ada pengendapan sering menggoda bank untuk memberikan pinjaman modal. Karena, kita telah menguji diri sendiri dengan jalan menabung tadi, dan hasilnya telah ada pengendapan uang di bank. Maka, kalau kita ingin mengambil modal perbankan sebaiknya dapat disesuaikan dengan berapa besar jumlah uang yang mengendap tersebut. Sehingga, kita mampu mengembalikan pinjaman bank dan selain itu perputaran bisnis bisa semakin bagus.

Saya sendiri ketika memerlukan mobil boxsebelum meminjam modal dari bank atau mengambil leasingsaya berhitung seberapa banyak uang mengendap dari hasil usaha. Saya lihat catatan keuangan, ternyata uang yang selalu tak terpakai dalam catatan bank cukup lumayan. Sementara, untuk mengantarkan kiriman barang saya sendiri selalu menyewa truk dari perusahaan lain. Akhirnya, saya berani mengambil mobil box tersebut secara leasing dengan pembayarannya dari hasil uang yang tak terpakai tersebut. Sehingga, perputaran uang kita semakin bertambah yang didapat dari hasil uang yang biasa untuk sewa truk ke perusahaan lain. Selain itu, saya ada tambahan aset dari mobil box yang kini telah lunas.

Jadi, dengan memberikan kepercayaan terhadap orang lain, selain silaturahmi menjadi lancar dan banyak orang yang bisa memberikan modal, usaha kita akan bertambah besar. Dan sekarang, bila Anda mau memperoleh modal dengan model gampang seperti itu, Anda dapat mencobanya dengan cara sederhana tadi. Tentu usahanya disesuaikan dengan usaha Anda. Yang paling prinsip ciptakan uang agar mengendap. Jika memerlukan modal, ambil modal pinjam tersebut dengan memperhitungan uang pengendapan. Lalu, lakukan usaha dan pengembalian dengan jujur sehingga pinjaman bisa balik, dan selanjutnya perbankan atau leasing bisa memberikan modal yang lebih besar lagi.[gg]

* Gagan Gartika adalah praktisi Silaturahmi Marketing (SiMark), pengusaha di bidang forwarding, transportasi, dan pengurusan jasa kepabeanan pada PT Kumaitu Cargo dan PT Penata Logistic. Ia adalah pemilik Lembaga Pendididikan dan Pengembangan Bisnis (LPPB) Sinergi Indonesia. Pendidikan terakhirnya adalah S-2 Manajemen dari Ibii, Jakarta. Selain itu, pada bidang pengajaran Gagan mengabdi sebagai dosen Sekolah Tinggi Manajemen Transpor Trisakti, Jakarta. Per November 2009, Gagan tergabung sebagai Kolomnis Tetap AndaLuarBiasa.com. Artikel di atas merupakan bagian dari naskah yang hendak diterbitkan menjadi buku dengan judul The Power of Silaturahmi. Gagan dapat dihubungi melalui pos-el: gagan@kumaitucargo.co.id.

VN:F [1.6.9_936]
Rating: 6.3/10 (4 votes cast)
VN:F [1.6.9_936]
Rating: +1 (from 1 vote)

2 Responses to “Silaturahmi: Cara Gampang Memperoleh Modal”

  1. sirajuddin Says:

    Saya ingin dipercaya dgn costumer dan gimana dapatkan modal usaha terimakasih

    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. Gagan Gartika Says:

    Pa Sirajuddin, salah satu syarat dari silaturahmi, yaitu kejujuran dan membantu. Karena kita bisa menunjukan bantuan terlebih dahulu terhadap customer. saya yakin customer akan mencintai Anda. Begitu juga dalam hal mendapatkan modal.

    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

Motivasi Dunia

Motivasi Dunia

Kolomnis

<
Edy Zaqeus Eni Kusuma Avanti Fontana Alexandra Dewi Miranda Suryadjaja Sofa Nurdiyanti
Anang Y.B. Hartati Nurwijaya Aleysius H. Gondosari Sulmin Gumiri Relon Star Sri Budiastuti
Agus Riyanto Iftida Yasar Fida Abbott Ery Prasetyawan Tanenji Ingrid Gunawan
Maria Saumi Ely Susanti Agung Praptapa Putu Adnyana Fita Irnani Nathalia Sunaidi
M Sebastian Wijaya Abdul Muid Badrun Kak Sugeng Akhmad Sirodz Lisa Nuryanti Abidin Noor
Wuryanano Petriza Giovanni Amelia Devina Tri Wahyuni Endang Setyati Vina Tan
Lianny Hendranata Emmy Angdyani Erawati E. Setyo Hartono Fatma Kartika Sari Supandi Radinal Mukhtar Harahap
Sawali Tuhusetya Gatut Heru Susanto Effendi Budi P. Fajar S. Pramono Ade Asep Syarifuddin Melly Kiong
Guntur Novizal Ida Rosdiana Natapermadi Risfan Munir Sri Julianti Sawiji Farelhana Dewi Rhainy
Deni Kurniawan As’ari Johanes Ariffin Wijaya Indari Mastuti Enggar Kusumaningsiwi Daniel Kurniawan Sayuri Yosiana
A.A. Kunto A. Lina Kartasasmita K. Hanna Fransisca Wahidunnaba Yusuf Tantowi Dwiatmo Kartiko
Meta Sekar Puji Astuti M. Adi Prasetyo Abd. Basid Lily Choo Rina Dewi Lina Berny Gomulya
Zee Cardin M. Iqbal Dawami Sidik Nugroho Emmy Liana Dewi Ridwan Sumantri Dwiyana Apriandini
Andrew Abdi Setiawan Gobind Vasdhev J. I. Michell Suharli Yusnita Rifai Gagan Gartika

Check Google Page Rank

Buku Baru

Obrolan yang Bikin Kamu kaya

Judul: Obrolan yang Bikin Kamu kaya Oleh: Don Gabor Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama, 2009 ISBN: 978-979-22-5073-2 Tebal: xviii + 380 hal Jangan hanya membangun jejaring luas-berjejaringlah dengan cerdas! Obrolan yang Bikin Kamu Kaya menyajikan pendekatan baru revolusioner pada topik berjejaring yang tak lekang waktu. Penulis buku laris dan pelatih komunikasi Don Gabor memperkenalkan Anda [...]

Full Story | February 24th, 2010

Best Viewed With Mozilla FireFox