PROFIL

Kontributor AndaLuarBiasa.com terdiri dari Kolomnis Tetap dan Kolomnis Lepas. Kolomnis Tetap adalah para penulis yang sejak awal berdirinya website motivasi ini telah berkomitmen penuh untuk berbagi gagasan dan pengalaman secara rutin melalui tulisan di sini. Sementara, Kolomnis Lepas adalah para penulis yang ikut berbagi melalui tulisan secara berkala/temporer.

KOLOMNIS TETAP

ezEdy Zaqeus adalah nama pena dari Sutopo Sasmito Edy. Lulusan terbaik Jurusan Ilmu Pemerintahan, Fisipol, UGM (Agustus 1997), ini mengawali karier sebagai office boy sekaligus asisten peneliti di sebuah lembaga riset di Yogyakarta. Edy pernah menjadi wartawan di sejumlah media dan editor situs motivasi Pembelajar.com. Edy berprofesi sebagai penulis buku, editor profesional, writer coach, trainer, dan publishing consultant. Ia mendirikan Bornrich Consulting, Bornrich Publishing, Fivestar Publishing, BukuKenangan.com, dan membidani AndaLuarBiasa.com. Edy telah menulis buku Kontekstualisasi Ajaran I Ching (Grasindo, 2004), Kalau Mau Kaya Ngapain Sekolah! (Gradien, 2004) Resep Cespleng Berwirausaha (Gradien, 2004) Resep Cespleng Menulis Buku Best Seller (Gradien, 2005), Orang Gajian Bisa Kaya (Bornrich, 2006), Kalau Mau Kaya Ngapain Sekolah! Edisi Khusus (Gardien, 2007), Resep Cespleng Menulis Buku Bestseller Edisi Revisi (Fivestar, 2008), dan Bob Sadino: Mereka Bilang Saya Gila! (Kintamani, 2009). Edy tinggal di Tangerang, dan dapat dihubungi melalui Hp: 08159912074/021-59400515 atau pos-el: edzaqeus[at]gmail[dot]com,  andaluarbiasa[at]gmail[dot]com, blog: http://ezonwriting.wordpress.com, atau Facebook.

Eni KusumaEni Kusuma lahir di Banyuwangi dengan nama Eni Kusumawati. Bungsu dari tiga bersaudara ini berasal dari keluarga miskin yang tinggal di pinggiran kota dekat TPA. Eni kecil rajin mengaji, sekolah, memulung sampah, dan tumbuh sebagai gadis pemalu, pendiam, dan susah makan, serta gagap sejak kecil. Hanya berbekal ijazah SMA Negeri 1 Banyuwangi, Eni kemudian merantau jadi pembantu rumah tangga (TKW) di Hong Kong. Saat jadi pembantu di Hong Kong itulah Eni menulis buku motivasi laris berjudul Anda Luar Biasa!!! (Fivestar, 2007). Sepulang dari Hong Kong, Eni menjadi public speaker motivasional dan telah keluar masuk kampus-kampus, yayasan-yayasan sosial, birokrasi, dan pondok pesantren untuk memberikan motivasi. Eni juga aktif menulis di AndaLuarBiasa.com dan Pembelajar.com. Eni tinggal di Banyuwangi dan dapat dihubungi melalui pos-el: ek_virgeus[at]yahoo[dot]co[dot]id atau di nomor telepon: 081389641733.


Avanti FontanaAvanti Fontana lahir di Jakarta, 4 Juni 1970. Ia memperoleh gelar Docteur en Sciences de Gestion (doktor bidang manajemen) dengan kajian disertasi doktoral bidang Manajemen Inovasi dan Teknologi pada Departemen Strategi dan Manajemen ESSEC Business School (Ecole Supérieure des Sciences Economiques et Commercial), dan Program Pascasarjana Departemen Manajemen dan Organisasi pada Universitas Paul Cezanne d’Aix-Marseille III, keduanya di Perancis, pada November 2003. Gelar Diplome d’Etudes Approfondies atau Magister Sains bidang Strategi dan Manajemen dari Universitas Paris X Perancis dengan kajian Strategi Produksi dan R&D Internasional di selesaikan dalam tahun 1997-1998. Gelar Sarjana Ekonomi diperolehnya dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada tahun 1995 dengan spesialisasi ekonomi moneter. Pada tahun 2000, ia melewatkan periode riset doktoralnya di Jepang dan Amerika Serikat: special research student di Keio Business School dan research fellow di College of Business, Ohio University. Sejak 2003, ia mengajar untuk program sarjana dan pascasarjana di Universitas Indonesia (2003-sekarang) dan di Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta (2004-2005). Avanti Fontana tersertifikasi sebagai fasilitator dan coach profesional. Bersama tim, ia ikut mendirikan Center for Innovation Studies (Pusat Studi Inovasi) pada 2004. Ia juga menjadi anggota Academy of Management (www.aomonline.org), Product Development Management Association (www.pdma.org), Strategic Management Society (www.strategicmanagement.net), International Coach Federation (www.coachfederation.org), dan European and Global Organization Society (www.egosnet.org). Avanti Fontana menulis artikel ilmiah popular di Investor Daily, Kriya, SWA, Bakery Indonesia Magazine dan situs www.imedcoaching.com. Avanti Fontana dapat dihubungi di website: www.avantifontana.com atau melalui pos-el: imed[at]avantifontana[dot]com, avantifontana[at]gmail[dot]com, Face Book, atau HP: 0813-1018-2099.

Aleysius H. GondosariAleysius H. Gondosari dengan modal doa, usaha, berkat, dan kesempatan, lulus dari Teknik Elektro ITB 1984, dan lulus dengan pujian dari Sekolah Tinggi Manajemen PPM 1995. Cita-citanya jadi orang yang berguna. Hobi membaca, menulis, fotografi, komputer, internet, desain, manajemen, praktisi vegetarian, meditasi, dan sehat alami dengan Terapi Energi 5 Elemen. Kariernya dimulai sebagai project engineer di sebuah perusahaan komputer  tahun 1985, dan dilanjutkan di bidang manufaktur, desain, dan manajemen di sebuah pabrik kamera. Dalam pekerjaan, Aley mengimplementasikan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001, Strategic Planning, Key Performance Measurement, Digital Camera & Photo Printer Design, pelatihan manajemen, dan menjadi dosen tamu Manajemen Produk Baru & Mutu di Sekolah Tinggi Manajemen PPM 2004-sekarang. Aley didampingi seorang istri yang baik, dua anak perempuan yang cantik, lucu, pintar. Karena minatnya pada kesehatan, Aley menjadi peneliti dan praktisi terapi energi 5 Elemen untuk sehat alami, menulis buku The Secret of 5 Elements serta The Miracle of 5 Elements, memberi Konsultasi dan Workshop Kesehatan. Tulisannya dapat dibaca di www.5Elemen.com. Aley tinggal di Jakarta dan dapat dihubungi melalui pos-el: aleysiush[at]gmail[dot]com atau di nomor telepon: 0818116669, dan FaceBook Aleysius H. Gondosari.

Alexandra DewiAlexandra Dewi lahir dan besar di Jakarta. Sejak kecil gemar membaca, tapi tahu soal menulis. Lulus dari jurusan Business Administration dari American College for the Applied Arts, Los Angeles, California, Dewi mendirikan perusahaan MLM bersama suaminya, Peter Chen, warga negara Amerika asal Taiwan. Ibu dua anak ini hobi traveling, shopping, membaca, menulis, yoga, nonton, musik, dan membuka butik bersama adik serta teman-temannya. Dewi menulis buku I Beg Your Prada: Curhat Perempuan Metro (Co-author dengan Cynthia Agustina), Queen of Heart: Kartu Idaman untuk Memenangkan Hati Pria Idaman (GPU, 2006), Alpha Juliet: Woman, Marriage, Affairs, and Moving on (GPU, 2009), dan Little Pink Book of Fashion (Co-author dengan Fitria Yusuf), GPU, 2009. Tulisan Dewi mengenai romance dan relationship juga bisa dibaca di www.kabarindo.com dan www.curhat.com. Tinggal di Jakarta, Dewi dapat dihubungi melalui pos-el: inthelalaland[at]yahoo[dot]com.

msMiranda Suryadjaja adalah seorang desainer perhiasan (Jewelry of the Heart), konsultan independen di bidang ekspor-impor, trainer, dan coach di bidang kepemimpinan dan komunikasi. Selain itu, ia juga menjadi pelaku bisnis network marketing, serta berprofesi sebagai agen pariwisata, pemandu acara (MC), presenter, dan fasilitator. Sebelumnya, ia pernah mendirikan dan memimpin sebuah perusahaan berorientasi ekspor, mendirikan dan memimpin Eka Bawana Awareness Center, mendirikan PPLH Environmental Education Center, dan mendirikan Dyatmika School. Miranda meraih gelar MBA di bidang keuangan di National University, San Diego, dan gelar Bachelor of Arts bidang bahasa di University of Redlands, California, Amerika Serikat. Selain menguasai keterampilan di bidang pemasaran, lobbying, networking, public speaking, motivasi, dan desain, ia juga menguasai multibahasa, yaitu bahasa Indonesia, Inggris, Perancis, Spanyol, Jerman, Bali, dan Jawa. Miranda sangat meminati bidang motivasi dan pemberdayaan kaum perempuan. Saat ini, ia sedang giat menuliskan gagasan-gagasannya dalam bentuk buku. Miranda sendiri adalah seorang single mother dengan seorang anak. Ia berdomisili di Sanur, Bali, dan dapat dihubungi melalui HP: 0811389432 atau pos-el: sayamiranda[at]gmail[dot]com.

Sulmin GumiriSulmin Gumiri lahir di Keban Agung, Bengkulu, 24 Juli 1965. Sekolah Dasar hingga SMA dihabiskannya di daerah kelahirannya, dan kemudian hijrah ke Kalimantan tahun 1984, serta berkarier di sebuah universitas kecil di sana. Penyandang gelar profesor di Universitas Palangka Raya menyandang gelar Dosen Terbaik tahun 2006 dikenal sebagai sosok yang supel, ramah, rendah hati, suka kerja keras, dan berdisiplin tinggi. Itu semua buah dari kombinasi latar pendidikan di Indonesia, Inggris, dan Jepang. Meskipun semua jenjang pendidikan formal dilaluinya, Sulmin masih terus mengembangkan diri dengan menggali ilmu dan mencari pengalaman sebanyak-banyaknya di sekolah kehidupan. Ia memiliki segudang pengalaman dalam menerbitkan karya-karya tulis ilmiah di bidang ilmunya. Tapi, toh dia tetap sangat bersemangat belajar dari nol, bahkan dari mereka yang muda-muda. Sebuah sikap yang penuh keteladanan, saat merasa diri semakin tinggi ilmunya, ternyata semakin banyak pula yang tidak ia ketahui. Pengikut ajaran Steven R. Covey dan pengagum berat Barack Obama ini sangat meyakini, bahwa rahasia sukses yang sebenarnya terletak pada komitmen. “Menjadi tua adalah alami, tetapi menjadi bijaksana adalah sebuah pilihan” dan “Anda pasti bisa bila Anda pikir bisa”, itulah prinsip hidupnya. Sambil terus mengembangkan karier sebagai ilmuwan, terus mengajar, dan melakukan penelitian di kampusnya, Sulmin juga menikmati hobi barunya sebagai penulis buku-buku populer. Ia dapat dihubungi melalui alamat pos-el: sulmin[at]upr[dot]ac[dot]id atau sulmingumiri[at]yahoo.com.

Relon StarRelon Star lahir di Palu, Sulawesi Tengah. Ia menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Theologia Kharisma-Bandung, sampai semester V. Kini, ia melanjutkan studinya di Harvest International School, Jakarta. Ia mengawali karier sebagai staf administrasi di PT Vetira, lalu menjadi sekretaris proyek di PT Beton Elemenindo Perkasa. Relon pernah mengalami masa-masa gelap karena terikat oleh narkoba selama tujuh tahun. Namun, keterikatan itu bisa dilepaskan oleh Tuhan, dan pengalaman pahit itu ternyata telah memotivasi Relon untuk menuliskan kisahnya dalam sebuah buku berjudul Run orr Die (Metanoia,2008). Kisah hidupnya itu telah berulangkali ditayangkan dalam Program Solusi di SCTV, maupun O’Chanel. Karena hasrat itu pula, kini Relon bekerjasama dengan Departemen Pemberdayaan Perempuan-Divisi Narkoba, bahu membahu memberikan seminar-seminar tentang bahaya narkoba ke sekolah-sekolah dan organisasi-organisasi sosial. Bekerjasama dengan lembaga yang sama, saat ini ia sendang menulis sebuah buku berjudul: Narkoba – Merusak Generasi Bangsa, yang akan diterbitkan tahun 2009 ini. Saat ini, Relon berprofesi sebagai pembicara, baik untuk segmen rohani maupun umum. Visinya ke depan adalah meminimalkan para pengguna narkoba dan membantu korban narkoba lepas dari keterikatan, serta dapat mencapai potensi penuh hidup mereka. Per Desember 2010, Relon juga menjadi Asisten Editor di website AndaLuarBiasa.com. Relon tinggal di Jakarta Barat dan dapat dihubungi melalui pos-el: relonstar[at]yahoo[dot]com.

Anang Y.B.Anang, Y.B. lahir pada 4 Februari 1970 di Bantul, Yogyakarta dan menyandang gelar sarjana sains dari Fakultas Geografi, UGM, Yogyakarta. Mengawali karier sebagai staf konsultan pemetaan, pada Agustus 2001 memutuskan menjadi tenaga ahli geografi secara self employed. Anang telah menjelajahi pelosok Tanah Air dan aktif menulis di puluhan blog, di antaranya www.anangyb.blogspot.com dan www.jejakgeografer.com dengan jumlah posting lebih dari 500 tulisan. Suka menulis cerpen anak-anak, Anang juga getol membuat tulisan bergaya story tellingala idolanya, Arswendo Atmowiloto. Per Februari 2009, Anang tercatat sebagai Kolomnis Tetap AndaLuarBiasa.com. Tiga buku sudah dia tulis; Santo Arnoldus Janssen (Obor, 2009), Sandal Jepit Gereja (Obor, 2009), dan 88 Mesin Uang di Internet (Best, 2009), sementara dua judul lagi sedang menyusul penerbitannya. Ia dapat dihubungi melalui pos-el: anangyb[at]gmail[dot]com.

Iftida YasarIftida Yasar lahir pada 28 Maret 1962. Ia meraih gelar Sarjana Psikologi Pendidikan dan Sarjana Hukum di Universitas Padjajaran tahun 1980. Dan meraih gelar S-2 Psikologi di Universitas Indonesia tahun 1992. Iftida Yasar adalah seorang konsultan SDM, hubungan industrial, dan outsourching. Ia juga seorang entrepreneur, trainer, motivator, aktivis sosial bidang pengembangan SDM, Wakil Sekretaris Umum APINDO, dan Penasihat Asosiasi Bisnis Alih Daya Indonesia (ABADI). Iftida juag dikenal sebagai pribadi yang sangat aktif, suka tantangan, senang bertemu dengan orang-orang baru, membangun jejaring, membangun kompetensi SDM, bepergian, dan baca buku. Ia adalah penggemar berat Kho Ping Hoo, Winnetou, Mushashi, Sinchan, dan Andrea Hirata. Iftida sudah menghasilkan buku Sukses Implementasi Outsourcing (PPM, 2009), Merancang Perjanjian Kerja Outsourcing (PPM, 2009), dan Perempuan Makan Perempuan (Kosmis, 2009). Ia dapat dihubungi di nomor: 0811896944.

Fita IrnaniFita Irnani lahir di kota Semarang 13 Juni 1975. Sulung dari tiga bersaudara ini menghabiskan masa kecil hingga SMA di kota kelahirannya. Impian masa kecil menjadi insinyur kehutanan mengantarkannya memperoleh kesempatan mengenyam pendidikan S1 di Fakultas Kehutanan IPB. Lulus dari IPB, Fita memutuskan banting stir dan berkarier sebagai seorang staf bagian HRD di sebuah perusahaan distributor lokal produk elektronika. Kegemaran membacanya sudah tertanam sejak masa kanak-kanak, dan pada usia 9 tahun sudah berhasil menulis cerpen, meskipun hanya di konsumsi oleh teman-teman bermainnya. Penyuka buku-buku motivasi dan penggemar berat musik Bon Jovi ini bersuamikan pria yang berprofesi di bidang yang sama, dan selama sembilan tahun berkecimpung di dunia HRD tidak menyurutkan semangatnya untuk berbagi melalui tulisan. Bersama dengan suaminya berpegang pada prinsip hidup “Ikhlas memberi setiap hari” menjadikannya selalu mensyukuri ujiandan nikmat dari Tuhan. Alumnus workshop Proaktif “Cara Cerdas Menulis Buku Bestseller” Batch VIII, Februari 2009 ini menetap di kota Bogor dan saat ini bekerja sebagai Learning & Development Specialist pada sebuah perusahaan multinasional yang berkantor di Sudirman. Fita dapat dihubungi melalui pos-el: acho_fit[at]yahoo[dot]co[dot]id.

Agung PraptapaAgung Praptapa adalah seorang dosen, pengelola Program Pascasarjana Manajemen di Universitas Jenderal Soedirman, dan juga sebagai konsultan dan trainer profesional di bidang personal and organizational development. Ia adalah alumni Universitas Diponegoro, Semarang, dan kemudian melanjutkan studi pascasarjana ke Amerika dan Australia, di University of Central Arkansas dan University of Wollongong. Agung telah mengikuti training dan mempresentasikan karyanya di berbagai universitas di dalam maupun di luar negeri, termasuk di Ohio State University, Kent State University, Harvard University, dan University of London. Saat ini, ia sedang menikmati profesi barunya sebagai penulis manajemen populer dan baru saja meluncurkan buku The Art of Controlling People (Gramedia, 2009). Web: www.praptapa.com, blog: www.praptapa.unsoed.net, pos-el: praptapa[at]yahoo[dot]com.

Risfan MunirRisfan Munir tinggal di suburban Jabodetabek, lulus S-1 dan S-2 dari Jurusan Perencanaan Kota dan Wilayah, ITB. Ia banyak bekerja sebagai konsultan dan bidang perencanaan dan manajemen, untuk bidang pembangunan daerah, kota, perdesaan, pariwisata, atau pengembangan unggulan daerah dan pemberdayaan UMKM. Risfan mengembangkan sebuah pendekatan yang disebutnya Appreciative Inquiry, yaitu pendekatan yang bertolak bukan dari menggali persoalan,tetapi mengidentifikasi potensi dan keberhasilan. Ia juga mengambil pelajaran dari budaya unggul spirit bushido kaum samurai, yang diyakini para ahli sebagai salah satu kunci sukses ekonomi bangsa Jepang, Taiwan, Korea, Singapura, dan China. Sejauh ini Risfan Munir sudah menulis sejumlah buku, yaitu Pengembangan Ekonomi Lokal Partisipatif, Seri Manajemen: Skema Tindakan Peningkatan Pelayanan Publik, dan Aplikasi Pemberdayaan UMKM. Ia dapat dihubungi melalui blog http://ecoplano.blogspot.com,pos-el: risfano[at]gmail[dot]com dan Facebook.

snSofa Nurdiyanti adalah mahasiswa jurusan Psikologi Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta. Ia suka membaca buku cerita, menonton kartun Detective Conan, Bintang, dan tertarik dengan bidang sejarah, arkeologi, bahasa, budaya, dan politik. Sekarang ini Nur lagi “nyasar” kuliah di bidang psikologi. Ia  aktif menulis di sejumlah website motivasi dan kepenulisan seperti AndaLuarBiasa.com, Pembelajar.com, dan AndrieWongso.com. Selain belajar, kuliah, dan menulis artikel maupun resensi buku, ia tengah semangat berlatih untuk menjadi penulis profesional dan seorang trainer. Nur juga sedang menyelesaikan penulisan sebuah buku kepenulisan hasil kolaborasi dengan motivator Eni Kusuma. Per Desember 2010, Nur juga menjadi Asisten Editor di website AndaLuarBiasa.com. Ia dapat dihubungi melalui pos-el: nurrohmah_06[at]yahoo[dot]com.

lkkLina Kartasasmita lahir dan besar di Jakarta. Sarjana Akuntansi dari Universitas Tarumananegara dan Certificate of MBA dari Tulane University, New Orleans-USA,/span> ini lebih suka mengabdikan ilmunya untuk dunia pendidikan. Pencinta buku, menulis, dan musik ini paling mengutamakan profesinya sebagai ibu bagi kedua putrinya. Tahun 2005 mulai teratur menulis di blog pribadi www.wisdom-to-share.blogspot.com atau www.wisdom-to-share.blog.friendster.com untuk kedua putrinya. Kerinduan hatinya adalah berbagi pengalaman hidup dalam  mencari kebijakan dan memotivasi anak-anak lewat tulisan. Motto hidup; “Something small, something simple can be the inspiration of wisdom”. Lambat laun, yang menikmati tulisan bukan hanya kedua putrinya,tetapi juga teman dan murid-muridnya. Sehari-hari Lina aktif sebagai pengajar Akuntansi dan Bahasa Indonesia paruh waktu,aktif di salah klub public speaking Toastmaster International di Jakarta. Sejak Oktober 2009, Lina mendapat kesempatan berkiprah sebagai Kolomnis Tetap AndaLuarBiasa.com. Ia dapat dihubungi di 0818-471010 atau pos-el: lkartasasmita[at]hotmail[dot]com dan Facebook.

gg1Gagan Gartika, kelahiran Bandung, (1961) ini pernah mengenyam pendidikan Akademi Komunikasi Massa Bandung (1981), dan meskipun tak tamat, saat itu aktif dalam organisasi, Ikatan Pers dan Mahasiswa Indonesia (IPMI), ikut menyebarkan berbagai pengetahuan baru, di Radio RRI, Radio Ganesha, Radio Fortune, Bandung, sambil aktif menulis feature, mengenai usaha-usaha kecil, pada Surat Kabar Bisnis Indonesia (1984). Ia pernah bekerja di berbagai perusahaan nasional maupun internasional, dan kemudian berwiraswasta dengan mendirikan PT Kumaitu Cargo, PT Penata Logistic, dan Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Bisnis (LPPB) Sinergi Indonesia. Ia juga aktif di Gabungan Forwarder dan Ekspedisi Indonesia (Gafeksi), menjadi Wakil Ketua Umun Asosiasi Depo dan Pergudangan Indonesia (APDEPI), dan menjadi Ketua Bidang Organisasi Asosiasi Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan Indonesia (Asakindo). Gagan menyelesaikan S-2 Magister Manajemen pada Sekolah Tinggi Informatika dan Bisnis Indonesia, Ibii, Jakarta, dan saat ini menjadi dosen di Sekolah Tinggi Manajemen Tranpor Trisakti, Jakrta. Ia dikenal sebagai ahli dan praktisi Silaturahmi Marketing (SiMark) dan sejak November 2009 bergabung menjadi Kolomnis Tetap AndaLuarBiasa.com. Ia dapat dihubungi melalui pos-el: gagan[at]kumaitucargo[dot]co[dot]id atau gagan.gartika[at]yahoo[dot]com.

sj1Sri Julianti adalah ahli packaging yang lahir di Lumajang, Jawa Timur. Lulus dari Fakultas Teknik Kimia Institut 10 Nopember Surabaya (ITS), ia bekerja di beberapa perusahaan dan kini masih bekerja di sebuah perusahaan multinasional. Sri menyelenggarakan banyak training dan seminar di bidang manajemen kemasan/packaging. Berbekal pengalaman 25 tahun di bidang packaging, Sri telah membimbing banyak “pendatang baru” di bidang tersebut. Ia juga beberapa kali mengikuti training internasional di British Petroleum Training Association – BPTA di Harrogate, UK, dan Michigan Packaging School. Saat ini ia aktif menulis di website AndaLuarbiasa.com dan website pribadinya www.srijulianti.com, khususnya bidang manajemen dan kemasan. Sri menikah dengan seorang doker gigi dan di karunia seorang putra. Ia dapat dihubungi melalui pos-el: julipackaging[at]yahoo[dot]com.

Motivasi Dunia

Motivasi Dunia

Kolomnis

<
Edy Zaqeus Eni Kusuma Avanti Fontana Alexandra Dewi Miranda Suryadjaja Sofa Nurdiyanti
Anang Y.B. Hartati Nurwijaya Aleysius H. Gondosari Sulmin Gumiri Relon Star Sri Budiastuti
Agus Riyanto Iftida Yasar Fida Abbott Ery Prasetyawan Tanenji Ingrid Gunawan
Maria Saumi Ely Susanti Agung Praptapa Putu Adnyana Fita Irnani Nathalia Sunaidi
M Sebastian Wijaya Abdul Muid Badrun Kak Sugeng Akhmad Sirodz Lisa Nuryanti Abidin Noor
Wuryanano Petriza Giovanni Amelia Devina Tri Wahyuni Endang Setyati Vina Tan
Lianny Hendranata Emmy Angdyani Erawati E. Setyo Hartono Fatma Kartika Sari Supandi Radinal Mukhtar Harahap
Sawali Tuhusetya Gatut Heru Susanto Effendi Budi P. Fajar S. Pramono Ade Asep Syarifuddin Melly Kiong
Guntur Novizal Ida Rosdiana Natapermadi Risfan Munir Sri Julianti Sawiji Farelhana Dewi Rhainy
Deni Kurniawan As’ari Johanes Ariffin Wijaya Indari Mastuti Enggar Kusumaningsiwi Daniel Kurniawan Sayuri Yosiana
A.A. Kunto A. Lina Kartasasmita K. Hanna Fransisca Wahidunnaba Yusuf Tantowi Dwiatmo Kartiko
Meta Sekar Puji Astuti M. Adi Prasetyo Abd. Basid Lily Choo Rina Dewi Lina Berny Gomulya
Zee Cardin M. Iqbal Dawami Sidik Nugroho Emmy Liana Dewi Ridwan Sumantri Dwiyana Apriandini
Andrew Abdi Setiawan Gobind Vasdhev J. I. Michell Suharli Yusnita Rifai Gagan Gartika

Check Google Page Rank

Buku Baru

Obrolan yang Bikin Kamu kaya

Judul: Obrolan yang Bikin Kamu kaya Oleh: Don Gabor Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama, 2009 ISBN: 978-979-22-5073-2 Tebal: xviii + 380 hal Jangan hanya membangun jejaring luas-berjejaringlah dengan cerdas! Obrolan yang Bikin Kamu Kaya menyajikan pendekatan baru revolusioner pada topik berjejaring yang tak lekang waktu. Penulis buku laris dan pelatih komunikasi Don Gabor memperkenalkan Anda [...]

Full Story | February 24th, 2010

Best Viewed With Mozilla FireFox