Home » Kolom Tetap » Mau Jadi Manajer Hebat? Ini Kiatnya!

Mau Jadi Manajer Hebat? Ini Kiatnya!

apOleh: Agung Praptapa*

Anda mau menjadi manajer yang hebat? Yang dihormati kawan maupun lawan? Yang memotivasi anak buah? Yang selalu dibutuhkan? Hahaha. Saya punya tips-nya. Tetapi, ini RAHASIA ya… khusus buat Anda. Mengapa rahasia? Karena rumusnya sangat mudah. Kalau semua orang tahu, entar ditiru. Jadi, ini khusus buat Anda saja.

Memangnya, apa sih rahasia menjadi manajer yang hebat itu? Nah, ini yang akan saya sampaikan. Tetapi, karena ini RAHASIA, maka Anda jangan main-main dalam memahami dan mempraktikkannya. Karena, ini cespleng! Enggak sabar menunggu? Hahaha ayo kita mulai.

Rahasianya sederhana tetapi powerful, yaitu dengan menggunakan teknik “seperti”. Apa itu? Berpenampilan seperti manajer, berpikir seperti manajer, bertindak seperti manajer, dan bekerja seperti manajer. Jadi, serba “seperti”. Untuk itulah maka cara ini disebut teknik “seperti”.

Berpenampilan Seperti Manager

Berpenampilan seperti manajer? Iya. Kalau sekarang Anda sudah manajer ya… sudah pasti harus berpenampilan seperti manajer. Kalau Anda sekarang belum manajer, berpenampilan seperti manajer akan membawa Anda mendekat ke posisi manajer. Yang bener saja? Iya. Ini bukan main-main. Berpenampilan seperti yang Anda inginkan merupakan magnet tersendiri. Akan ada kekuatan yang menarik Anda ke posisi yang Anda inginkan.

Apakah ada peraturan khusus di kantor Anda tentang berpakaian atau pemakaian atribut antara yang manajer dengan yang bukan manajer? Kalau ada, tentu saja Anda jangan memaksakan diri. Ambil saja yang bisa. Misalnya, di kantor Anda hanya tingkatan manajer yang boleh berdasi. Kalau memang demikian, Anda tidak perlu memaksakan diri berdasi, tetapi berpakaianlah yang rapi seperti manajer. Gunakan parfum yang elegan seperti manajer. Bersepatu yang bersih dan berkilat seperti sepatu manajer.

“Tetapi manajer di tempat saya bekerja tidak rapi. Tidak berparfum. Penampilannya apa adanya,” begitu mungkin keadaan di beberapa kantor atau tempat Anda berkerja. Kalau memang demikian, kembalikan pada imajinasi Anda tentang penampilan seorang manajer itu seperti apa. Penampilan manajer sebuah bank akan berbeda dengan penampilan seorang manajer produksi suatu pabrik. Penampilan mereka berbeda karena jenis pekerjaannya juga berbeda. Yang terpenting di sini adalah bukan melihat “apa yang sekarang ada” di tempat kerja Anda, tetapi lebih kepada “apa yang seharusnya ada”.

Berpikir Seperti Manajer

Kalau Anda mau menjadi seorang manajer yang hebat, berpikirlah seperti halnya seorang manajer yang hebat. Pelajari cara berpikir para manajer hebat. Tidak harus manajer yang sudah ada di tempat kerja Anda. Bisa juga manajer dari tempat kerja lain, yang menurut Anda layak dijadikan standar sebagai manajer yang hebat. Harus mempelajari cara berpikir manajer secara langsung dengan melihat orangnya? Tidak. Kita bisa mempelajari dari buku, kisah sukses yang dipublikasikan di berbagai media, dan cerita orang lain yang menginspirasi Anda.

Seorang manajer hebat pada umumnya berpikir cerdas, cermat, tegas, kritis, mengandung solusi, kreatif, dan silakan Anda buat daftar sendiri seperti apa sebenarnya cara berpikir seorang manajer yang hebat itu. Tidak perlu ragu meniru hal-hal yang baik, yang positif. Amati, tiru, dan modifikasi untuk menjadi yang lebih baik.

Bertindak Seperti Manajer

Coba kita amati bagaimana manajer hebat bertindak? Mereka pada umumnya bertindak cepat, tegas, tidak membuang-buang waktu, melibatkan orang lain, memuji orang yang berprestasi, memberi arahan kepada yang memerlukan, memasang target yang jelas kapan pekerjaan harus selesai, lebih tenang dalam bertindak, percaya diri, dan silakan Anda teruskan!

Bertindak seperti manajer bukan berarti kita harus 100 persen meniru manajer di tempat kita kerja atau manajer lain yang menginspirasi kita. Yang diperlukan di sini adalah meniru cara bertindak mereka yang kita anggap positif. Kalau manajer di tempat kita bekerja memiliki kebiasaan negatif seperti menggaruk-garus kepala saat berbicara misalnya, hal ini tentu saja jangan ditiru.

Bekerja Seperti Manajer

Kalau Anda mau menjadi manajer yang hebat, bekerjalah seperti manajer yang hebat. Amati bagaimana manajer hebat bekerja. Tidak hanya cara mereka bekerja, tetapi juga bagaimana mengatur waktunya, bagaimana mereka melakukan kerja sama, bagaimana mereka berani bertanggung jawab atas bagian yang dipimpinnya, dan sebagainya. Manajer hebat pada umumnya bekerja sistematis, menepati janji, memiliki acara yang terencana dengan baik, memiliki catatan yang baik walaupun tidak harus dikerjakan sendiri, lebih berorientasi kepada hasil dari pada sekadar menjalankan tugas.

Bekerja seperti manajer bukan berarti kita bisa meniru 100 persen apa yang dikerjakan para manajer. Tugas dan wewenang antara manajer yang satu dengan lainnya berbeda. Demikian pula tugas dan wewenang antara yang manajer dan yang bukan manajer. Yang terpenting di sini adalah bagaimana kita bisa mengambil sisi postif dari bagaimana para manajer hebat bekerja yang bisa kita tiru dan kita kembangkan sesuai dengan tugas dan wewenang kita.

Aplikasi pada Kasus Lain

Teknik “seperti” bisa diaplikasikan pada kasus-kasus yang lain. Kalau kita ingin menjadi penulis yang hebat misalnya, bisa saja menggunakan cara ini. Kalau mau menjadi penulis yang hebat berpenampilanlah seperti penulis hebat, berpikir seperti penulis hebat, bertindak seperti penulis hebat, dan bekerja seperti penulis hebat. Kalau kita sudah bisa lakukan seperti apa yang dilakukan oleh penulis hebat bukannya kita juga sudah menjadi penulis hebat pula?

Teknik ini tentunya ada batasan etika dan aspek legalnya. Tidak bisa tentunya kalau kita ingin menajdi polisi yang hebat kemudian kita berpakaian seperti polisi. Jangan diterapkan secara hitam putih seperti itu. Terjemahkan hal ini dari sisi bagaimana kita bisa menjadi seperti apa yang kita inginkan.

Jangan ragu-ragu menggunakan teknis “seperti” karena sudah banyak terbukti keberhasilannya. To be a good manager you should look like a manager, think like a manager, act like a manager, and work like a manager. Selamat mencoba, kita buktikan bahwa kita bisa menjadi manajer yang hebat![ap]

* Agung Praptapa adalah seorang dosen, pengelola Program Pascasarjana Manajemen di Universitas Jenderal Soedirman, dan juga Direktur AP Consulting, yang memberikan jasa konsultasi bisnis dan training di bidang personal and organizational development. Alumni UNDIP dan kemudian melanjutkan studi pascasarjana ke Amerika dan Australia, di University of Central Arkansas dan University of Wollongong. Mengikuti training dan mempresentasikan karyanya di berbagai universitas di dalam maupun luar negeri, termasuk di Ohio State University, Kent State University, Harvard University, dan University of London. Agung adalah Kolomnis Tetap di Andaluarbiasa.com dan saat ini sedang menantikan penerbitan buku perdananya. Ia dapat dihubungi melalui: www.praptapa.com atau pos-el: praptapa[at]yahoo[dot]com.

VN:F [1.6.9_936]
Rating: 7.7/10 (3 votes cast)
VN:F [1.6.9_936]
Rating: +3 (from 3 votes)

1 Comment

  1. Tulisan yang bagus Pak Agung, jadi ingat kalau lagi ngajar di kelas dulu, bapak slalu berpenam[ilan beda dgn yang lain. Dan mungkin itu bukan seolah-olah lagi karena Pak Agung sudah menjadi…Salam sukses pak…

    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: +2 (from 2 votes)

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

Komentar