Home » Kolom Tetap » Cara Menghilangkan Stres Secara Sehat dan Murah

Cara Menghilangkan Stres Secara Sehat dan Murah

ahgOleh: Aleysius H. Gondosari*

Selain lingkungan dan makanan yang tidak sehat, stres merupakan salah satu sumber penyakit utama pada zaman modern ini. Stres bisa menyerang siapa saja, terutama orang yang kerjanya terburu-buru, dikejar target, tertekan, atau sedang banyak masalah.

Stres menyebabkan pikiran dan otak menjadi terlalu aktif. Hal ini mengakibatkan sel-sel dan organ tubuh menjadi lebih aktif. Bila stres tidak dikontrol, organ tubuh yang terlalu aktif akan menjadi kelelahan, kemudian menjadi lemah, dan akhirnya sakit. Kondisi terlalu aktif ini juga dapat memicu kanker, karena kanker sebenarnya adalah sel-sel yang terlalu aktif dan tidak terkontrol.

Stres juga bisa menyerang berbagai organ tubuh. Di tempat kerja, saya menemukan berbagai bentuk stres. Yang umum terjadi adalah sakit kepala, migrain, atau insomnia. Staf saya suka kumat sakit giginya kalau sedang stres. Ada juga teman kerja saya yang pencernaannya kurang bagus, karena kalau stres organ tubuh ini yang sakit. Saya juga demikian. Istri saya, kalau stres, maka organ tiroidnya akan kumat. Pada wanita stres sering juga terjadi pada bagian dada dan kandungan.

Selain itu, stres juga akan mengganggu tidur nyenyak. Kita sering tidak menyadari adanya stres pada diri kita. Akibatnya, stres ikut terbawa dalam tidur dan alam bawah sadar selama bertahun-tahun. Tidur nyenyak seharusnya menjadi sarana  untuk memulihkan kesegaran dan kesehatan tubuh. Tetapi karena stres, kita sulit untuk tidur dengan nyenyak. Akibatnya, kita bangun dengan kondisi masih lelah dan mengantuk.

Berbagai Cara Mengatasi Stres :

Stres—bila dibiarkan berlarut-larut—dapat menyebabkan kondisi tubuh menurun hingga 50 persen sehingga mudah dihinggapi berbagai penyakit, menimbulkan penyakit kronis, serta memicu kanker. Sebenarnya, kita dapat mengatasi stres dengan berbagai cara, antara lain dengan cara:

  • Mengkonsumsi makanan sehat
  • Pijat refleksi jari tangan
  • Meditasi
  • Pernapasan sehat

Makanan sehat untuk mengatasi stres umumnya adalah makanan fermentasi yang dimakan dalam kondisi segar, seperti tape singkong segar, tempe segar, dan susu fermentasi segar (yoghurt). Makanan sehat lainnya adalah susu kedele segar, minuman cincau, dan mentimun segar. Anda dapat memilih makanan segar dan sehat yang disukai.

Pijat refleksi jari tangan juga dapat membantu mengurangi atau menghilangkan stres. Hal ini disebabkan karena saraf jari-jari tangan terhubung dengan saraf dan organ otak di kepala. Dengan memijat jari tangan satu per satu dengan santai, maka saraf otak kita juga akan ikut santai sehingga stres berkurang. Setiap jari cukup dipijat selama 1 menit, sehingga seluruh jari selesai dipijat dalam waktu 10 menit. Kita dapat melakukannya sewaktu menonton TV, sewaktu menunggu, atau sewaktu duduk istirahat.

Sementara, tujuan meditasi adalah mencari keheningan dan ketenangan pikiran. Dengan menenangkan pikiran, stres juga otomatis akan berkurang. Tetapi, tidak setiap orang tertarik dengan meditasi.

Selanjutnya pernapasan sehat juga dapat membantu mengurangi dan menghilangkan stres. Pernapasan sehat lebih mudah dilakukan dari meditasi dan setiap orang dapat melakukannya. Untuk memulai pernapasan sehat, pilihlah sikap yang santai, sambil duduk atau berbaring. Tariklah napas perlahan-lahan selama 10 detik, tahan selama 10 detik, kemudian keluarkan perlahan-lahan selama 10 detik. Lakukan selama 10 kali per sesi. Anda akan merasa lebih santai setelah melakukannya. Bila Anda merasa nyaman melakukan ini, Anda dapat melakukannya selama tiga sesi, yaitu pagi, siang, dan malam. Bila Anda telah mahir melakukannya, Anda dapat memperpanjang waktunya selama 15 detik atau 20 detik.

Stres dan Frekuensi Gelombang Otak :

Sebenarnya, semua penjelasan di atas ada hubungannya dengan frekuensi gelombang otak dan tubuh. Bayi yang sehat sampai umur lima tahun umumnya mempunyai gelombang otak dengan frekuensi 1 Hz yang disebut sebagai gelombang Delta. Tetapi, dengan bertambahnya usia anak, jumlah anak yang mempunyai gelombang Delta ini menurun. Frekuensi gelombang otak cenderung meningkat dari Delta menjadi gelombang Tetha, Alpha, dan Beta.

  • Gelombang Delta mempunyai frekuensi 1 ~ 4 Hz, dan ditemui pada bayi dan anak di bawah umur lima tahun.
  • Gelombang Tetha mempunyai frekuensi 4 ~ 7 Hz, dan terjadi pada saat mengantuk dan tidur biasa (bukan tidur nyenyak).
  • Gelombang Alpha mempunyai frekuensi 8 – 12 Hz dan terjadi dalam segala kondisi dan aktivitas, baik cemas maupun santai.
  • Gelombang Beta mempunyai frekuensi 12 – 19 Hz ke atas, dan terjadi dalam kondisi sadar, aktif, sibuk, dan cemas. Selain itu juga bisa disebabkan oleh efek hipnotis dan efek obat-obatan.

Dari penjelasan di atas, kita dapat melihat bahwa ketika masih bayi, frekuensi otaknya masih rendah dan berkisar sekitar 1 Hz. Tetapi dengan bertambahnya usia, otak cenderung menjadi semakin aktif dan  tidak tenang sehingga frekuensi gelombang otak juga menjadi semakin tinggi. Hal ini membuat kesehatan menjadi menurun. Secara umum, kita dapat melihat bahwa bayi dan anak-anak umumnya lebih sehat dari orang dewasa, sedangkan orang dewasa umumnya lebih sehat dari orang tua.

Orang yang berada di lingkungan yang tenang, akan mempunyai frekuensi gelombang otak, pikiran, dan tubuh yang rendah, yaitu 1 Hz ke bawah. Sebaliknya, orang kota dan orang sibuk akan mempunyai frekuensi yang lebih tinggi dari 1 Hz. Orang yang stres juga akan mempunyai frekuensi yang lebih tinggi dari 1 Hz.

Kehidupan di pegunungan dan di desa yang tenang membuat kehidupan orang lebih santai, tenang, dan lebih sehat. Sebaliknya, kehidupan di kota yang sibuk dan penuh polusi membuat orang lebih mudah stres dan jatuh sakit.

Seperti kita ketahui, meditasi dapat membantu meningkatkan kesehatan seseorang, dan dapat menyembuhkan penyakit-penyakit kronis. Apakah sebabnya? Penjelasan yang masuk akal adalah karena meditasi membuat otak dan sel-sel tubuh menjadi lebih tenang dan lebih santai. Keheningan dalam meditasi mempunyai peranan penting dalam kesehatan. Dengan kata lain, keheningan dalam meditasi akan membuat frekuensi gelombang pikiran, otak, dan tubuh akan bertambah rendah, menjadi 1 Hz atau lebih rendah, tergantung pada tingkat keheningannya.

Kesimpulannya, semakin rendah frekuensi gelombang, otak dan pikiran akan menjadi semakin tenang dan santai. Frekuensi 1 Hz menjadi batas antara sehat dan tidak sehat, stres dan tidak stres. Dengan pikiran dan otak yang lebih santai, kita akan menjadi lebih sehat, daya tahan tubuh akan meningkat, dan penyakit akan menjauh. Makanan sehat, pijat refleksi jari tangan, meditasi, dan pernafasan sehat, dapat membantu menurunkan frekuensi pikiran dan otak menjadi 1 Hz atau lebih rendah.[ahg]

* Aleysius H. Gondosari adalah alumnus ITB tahun 1984, trainer bidang organisasi dan manajemen, penggemar fotografi, pengembang online business, dan sedang menulis buku tentang sehat secara alami dengan metode Energi 5 Elemen, yang juga dapat dilihat di www.5elemen.com. Aley tinggal di Jakarta dan dapat dihubungi melalui email: aleysiush[at]gmail[dot]com atau di nomor telepon: 0818116669.

VN:F [1.6.9_936]
Rating: 8.7/10 (55 votes cast)
VN:F [1.6.9_936]
Rating: +44 (from 44 votes)

26 Comments

  1. maria saumi says:

    Sy suka sm tulisan pak aley..kontribusi kongkrit..sehat, murah, alami..resep awet muda donk pak gmn?..hehe..salam sehat selalu ya pak..thx atas anjuran2 bpk ttg kesehatan..chayooo!

    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 5.0/5 (1 vote cast)
    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: +6 (from 6 votes)
  2. aleysius says:

    Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya, Bu Maria. Rahasia untuk awet muda adalah dengan menghilangkan stres. Awet muda terjadi ketika frekeunsi otak dan tubuh kurang dari 1 Hz, yaitu kondisi tidak stres. Penuaan terjadi ketika frekuensi otak dan tubuh lebih dari 1 Hz, yaitu kondisi stres. Saya agak terlambat mengetahui rahasia ini, karena keburu stres mengejar karir selama bertahun-tahun, he..he..he.. Tapi tidak ada yang terlambat untuk memulai sesuatu yang baik, kan? Salam Sehat Selalu, Bu.

    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 5.0/5 (1 vote cast)
    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: +2 (from 2 votes)
  3. Terima kasih atas tips makanan sehatnya Pak. Semoga Tips berikutnya mengalir terus. O ya kapan lagi membahas Kaizen Pak?

    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 1.0/5 (1 vote cast)
    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  4. aleysius says:

    Terima kasih atas kunjungan dan komentar Pak Doharman. Semoga bermanfaat untuk kesehatan Bapak. Tulisan berikutnya tentang kesehatan akan saya lanjutkan. Untuk Kaizen, saya akan coba menulis lebih baik lagi dalam waktu singkat. Salam Anda Luar Biasa.

    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  5. empoq says:

    wah, thx
    smoga bermanfaat
    http://www.empoq.blospot.com

    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  6. aleysius says:

    Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya. Semoga bermanfaat untuk kesehatan. Salam Anda Luar Biasa!

    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  7. Terimakasih banyak ilmunya ini, Pak. Wah, kalau bukunya dah rampung pasti laris manis sebab apa yang disampaikan seperti sajian di atas sangat menarik. Saya tersentak membaca bahwa stres bisa menyebabkan kanker.

    Masalah otak yang aktif, saya punya sebuah tanya. Otak saya sulit saya hentikan. Berkeliaran liar berbagai pemikiran. Entah itu menyangkut pekerjaan, keluarga, maupun tulisan. Saya juga sulit tidur kalau tidak di atas jam dua belas, bahkan tak jarang saya baru terlelap menjelang subuh setelah azan berkumandang. Apakah ini juga ciri stres? Tapi, jujur saya tidak merasa stres. Aiya, bagaimana ini?

    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  8. aleysius says:

    Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya, Bu Hanna. Memang sulit tidur merupakan salah satu tanda adanya stres pada pikiran dan otak. Orang akan mudah tidur bila frekuensi otak di bawah 1 Hz, dan lebih sulit tidur bila frekuensi otak di atas 1 Hz.

    Untuk mengatasinya, bisa mencoba dengan makanan sehat seperti yang dianjurkan di atas. Beberapa teman sudah mencobanya dan sekarang jadi lebih mudah tidur.

    Selain itu, bisa menghindari atau mengurangi makanan yang frekuensinya di atas 1 Hz seperti makanan yang digoreng, santan, dan menggantinya dengan makanan yang lebih alami seperti buah segar, makanan yang dikukus, direbus, atau ditumis.

    Frekuensi rumah dan kamar juga bisa mempengaruhi. Untuk membuatnya lebih rendah, bisa gunakan tanaman hias di dalam ruangan, terutama dekat TV. Tanamam hias contohnya lidah mertua, yang umum digunakan dalam ruangan. Frekuensinya 1/5 Hz. Tanaman dan pohon-pohonan umumnya mempunyai frekuensi di bawah 1 Hz, kecuali kaktus.

    Berjemur matahari pagi antara pk. 06.00 s/d 09.00 juga membantu, karena frekuensinya 1/5 Hz s/d 1/2 Hz pada waktu itu.

    Minum air segar yang sehat juga membantu, karena frekuensinya 1/2 Hz.

    Semoga bermanfaat, Bu.
    Salam Sehat Bahagia.
    aley.

    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  9. Terima kasih banyak ya, Pak, jawabnya. Saya coba praktikkan saran-saran dari Pak Aley.

    Salam sehat untuk kita semua.

    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  10. Saya akan praktekkan Pak Aley, makasih tipsnya. Momennya tepat nih….lagi banyak yang stress..he..he…

    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  11. aleysius says:

    Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya, Pak Agung. Semoga bermanfaat untuk kesehatan Bapak. Memang otak paling penting dari seluruh organ tubuh kita. Jadi perlu dicegah agar jangan stres dan dijaga kesehatannya baik-baik, he..he..he.. Salam Sehat Bahagia. aley.

    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  12. Tulisan ini sangat memotivasi saya untuk hidup sehat. Terimakasih Pak.

    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  13. aleysius says:

    Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya, Pak Doharman. Semoga bermanfaat untuk kesehatan Bapak. Salam Sehat Bahagia. aley.

    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  14. rina says:

    saya berumur 20 tahun, saya mempunyai otak terlalu aktif,terkadang fikiran saya berpindah2, orang bilang saya terlalu banyak bicara yang terkadang orang tidak mengerti.
    saya di beritahu teman kalo saya dalam kondisi stress, saya langsung berfikir, sekarang tetap saja saya tidak bisa kendalikan otak saya.
    salah tingkah salah satunya, merasa serba salah, terkadang terlalu bersemangat dan terkadang terlalu banyak diam dan merenung, sering migrain, saya minta tolong tipsnya…
    terima kasih…

    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  15. Miana says:

    wah, infonya keren pak…. saya jadi tambah ilmu nih, berarti sebenarnya mudah untuk menghindari stress :)

    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  16. Sis sriyunita says:

    Amazing Pak,,, Thank’s info nya, memang stress bisa menimp siapa aja pk, apalagi kalo udah memikirkan pekerjaan, masalah pribadi dll,,
    Semoga dengan tips-tips dari bapak bisa membantu saya dan yang lain nya..

    Regards

    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  17. Terima kasih banyak untuk infonya.

    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  18. Terima kasih banyak untuk tipsnya.

    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  19. irya says:

    ,,+ donk infonya,,,????

    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  20. terima kasih atas pencerahannya…aplikatif untuk sehari-hari…namun masih butuh dijelaskan secara detail langkah2 untuk menghindari stress..trm ksh

    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  21. Mustaram says:

    Mkc pak atas informasi x
    I like it
    pak ada tax nie
    obat diet tampa olah raga ada ngak?
    Tlng pak iya

    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  22. rohmansyah says:

    allhamdullilah terima kasih ych pak

    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  23. Blog Sehat says:

    mantap gan… makasih atas infonya….
    sangat bermanfaat… :) ))
    mohon masukannya…

    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  24. roci rentama says:

    luar biasa artikel bapak…
    hanya dengan membaca artikel ini saya sudah mengurangi stress yang saya alami.
    alhamdulillah.
    terima kasih bapak Aleysius H. Gondosari

    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  25. fitrielfira says:

    makasih ya info ya,klu ada penemuan baru tolong kirimin keemail saya ya pak,

    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  26. hartolonto says:

    makasih ya… udah ngasih tau cara ngilangin stres…

    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    UN:F [1.6.9_936]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

Komentar